Tips membuat surat lamaran kerja bagi pemula

Melamar kerja bagi seorang yang baru lulus sekolah / kuliah memang gampang-gampang susah. Tidak adanya aturan baku standar penerimaan karyawan di setiap perusahaan membuat semuanya lebih komplek. Point pertama yang harus anda cermati dalam melamar pekerjaan adalah dengan membuat surat lamaran kerja yang sederhana namun mengena di mata penerima kerja.

Atau bagi anda yang berkali-kali ditolak saat melamar kerja, cobalah berhenti sejenak, lihat surat lamaran kerja yang anda bawa , perhatikan dengan seksama apakah surat lamaran kerja yang anda pegang sudah dapat memberikan kesan yang positif, atau malah sebaliknya.

Surat lamaran kerja memang hanya pengantar bagi anda untuk dapat masuk dalam suatu perusahaan, namun hal itu merupakan kesan pertama yang dapat anda ciptakan dan harus anda buat dengan sebaik-baiknya.

Lamaran kerja yang asal-asalan akan diterima oleh bagian personalia, tetapi seringkali langsung ditumpuk begitu saja tanpa dilihat terlebih dahulu dan akan menggunung dengan surat lamaran yang lainnya hingga akhirnya berakhir di tempat sampah. Memang agak ketus bahasa saya di paragraph ini, namun itulah yang sering terjadi dan anda harus tahu.

Membuat surat lamaran kerja sebenarnya gampang , jika anda berkenan mengikuti arahan-arahan yang akan saya uraikan berikut.

Tips membuat surat lamaran kerja yang berkesan bagi pemberi kerja :

1. Gunakan amplop surat yang baru dan bebas coretan/noda.

Kadang kita menyepelekan pentingnya amplop surat yang kita gunakan. Walau tidak mahal, namun amplop yang terlihat rapi dan bersih menggambarkan seorang yang bagus pekerjaannya (kita sebagai pelamar kerja).

2. Susunlah semua persyaratan yang anda butuhkan , kemudian buatlah surat lamaran anda.

Kita sebagai manusia seringkali mengalami lupa , apalagi jika sedang dalam tekanan. Sama dengan membuat surat yang baik , kita membutuhkan Fotokopi Ijazah, KTP, KK, SKCK dan lain sebagainya yang jumlah itemnya tidak sedikit. Oleh sebab itu persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu agar anda tidak berkali-kali mengganti surat lamaran kerja anda hanya karena menambahkan satu atau dua persyaratan yang terlupa.

3. Ketiklah surat lamaran anda.

Sebenarnya hal ini tidaklah harus, namun jika tulisan anda tidak dalam kategori ”benar-benar baik” alangkah baiknya jika anda mengetiknya. Dengan ketikan/print out maka surat lamaran yang kita buat akan terlihat rapi dan bersih dari noda serta coretan yang tidak perlu. pu dengan mengetiknya anda akan menghemat waktu karena jika terjadi kesalahan kita tidak harus memulai menulis dari awal lagi.

4. Buat surat lamaran anda sesederhana mungkin.

Sederhana yang saya maksudkan disini tidak berarti menjatuhkan kekuatan anda , tetapi kita harus menggunakan bahasa yang mudah difahami dan tidak bertela-tele. Hindari pemborosan kalimat yang tidak perlu dan tunjukkan kemampuan serta ketrampilan yang anda miliki tanpa menggunakan kalimat yang menyombongkan diri.
Tunjukkan kemampuan dan keterampilan sesuai dengan posisi tawaran pekerjaan yang dibuka, misal jika yang dibutuhkan adalah posisi manager marketing , maka sampaikan pengalaman kerja anda di bidang yang sama pada perusahaan sebelumnya (saat anda bekerja saat ini) atau sampaikan pengalaman anda dalam membawahi karyawan jika posisi yang anda lamar berbeda dengan posisi pekerjaan saat ini.

5. Bagian-bagian surat permohoman lamaran kerja yang harus anda perhatikan.

a. Bagian pembuka surat lamaran kerja

Bagian pembuka pada surat lamaran kerja berisi anda sebagai pelamar kerja, darimana anda mendapatkan informasi tentang pekerjaan yang anda lamar saat ini, apakah dari surat kabar, teman, kolega, atau pun inisiatif anda sendiri.
Point kedua pada bagian ini adalah jenis posisi pekerjaan yang anda lamar, cantumkan jika anda melamar untuk posisi pekerjaan tertentu (misalkan anda melamar untuk posisi manager marketing seperti yang kita bahas diawal).

b. Bagian isi surat lamaran kerja

Pada bagian ini point utama yang yang anda harus sampaikan adalah kualifikasi yang anda miliki.Hal ini didukung dengan CV dan surat-surat pendukungnya.

c. Bagian penutup surat lamaran kerja

Bagian penutup surat lamaran kerja berisi ucapan terima kasih dan mengulang salah satu bagian terpenting pada bagian pembuka, yaitu jenis posisi yang anda inginkan. jangan lupa hal tersebut.

One Comment