Gaji Umr / umr jawa timur / Gaji UMR Kabupaten Magetan Lengkap dari Tahun 2021 sampai 2016

Gaji UMR Kabupaten Magetan Lengkap dari Tahun 2021 sampai 2016

gaji umr magetan - logo kabupaten magetan

GajiUmr.com – Tahun ini, kenaikan UMR terjadi di sejumlah kabupaten kota yang ada di Jawa Timur. Dalam hal ini, angka kenaikannya terbilang sangat bervarisi dengan besaran yang tidak begitu signifikan. Yaitu dari Rp. 25.000 sampai Rp. 100.000. Itupun lebih banyak kabupaten kota yang kenaikannya pas-pasan, alias hanya Rp. 25.000. Salah satu kabupaen kota yang kenaikannya hanya Rp. 25.000 adalah Kabupaten Magetan.

Meskipun demikian, kenaikan ini tetap harus mendapatkan apresiasi, karena Gubernur Jawa Timur berani melakukan kenaikan UMR Jatim di tengah pandemic. Yang notabenenya, Kementrian Ketenagakerjaan sendiri telah memberikan surat edaran ke berbagai daerah, bahwa tahun ini, UMR kabupaten kota tidak mengalami kenaikan.

Dengan kenaikan sebesar Rp. 25.000, maka tahun ini, UMR Kabupaten Magetan menjadi Rp. 1.928.321. Sementara itu, masih da 11 kabupaten kota yang UMR nya tidak mengalami kenaikan tahun ini.

UMR Kabupaten Magetan sampai Tahun 2021

Berikut adalah data UMR Kabupaten Magetan dari tahun 2016 sampai saat ini.

Umr Magetan 2021Rp 1.938.321
Umr Magetan 2020Rp 1.913.321,73
Umr Magetan 2019Rp 1.763.267,65
Umr Magetan 2018Rp 1.509.816.12
Umr Magetan 2017Rp 1.388.847.50
Umr Magetan 2016Rp 1.283.000
Gaji Umr Magetan (c) gajiumr.com

Ketenaga kerjaan di Kabupaten Magetan

Kabupaten Magetan menjadi kabupaten yang letaknya di bagian Barat Jawa Timur. Posisinya ada di titik 7º38’30” LS atau lintang Selatan, dan 111º20’30” LT atau Lintang Timur. Karena lokasi inilah kemudian menjadikan Kabupaten Magetan dijadikan sebagai salah satu kabupetan Satuan wilayah pengembangan. D an jiika didasarkan pada kerangka regional, maka struktur eksternalnya sangat berhubungan dengan wilayah yang lainnya. Yang sifatnya dinamiki, dan tentu akan terus mengalami perubahan, sesuai dengan perkembangan yang ada.

Hal ini yang kemudian berdampak pada peningkatan ketenaga kerjaan. Tenaga kerja merupakan penduduk atau masyarakat yang berusia di dalam batasan usia kerja. Nah, biasanya, batasan usia kerja ini Bergama, dan berbeda-beda ya antara Negara satu dengan yang lainnya. Dan batasan umur yang diterapkan di Indonesia sendiir ialah minimal 10 tahun, dengan tanpa adanya batasan maksimal.

Namun, sejumlah instansi tentu membuat kebijakan sendiri terhadap usia maksimal bekerja. Dan pada umumnya, adalah 60 tahun, atau bahkan ada yang menetapkan usia kerjanya maksimal 55 tahun.

Baca Juga Gaji Umr Kota Madiun 2021 – 2016 dalam artikel sebelumnya.

Tenaga kerja ini terdiri dari dua jenis ya, ada yang dari angkatan kerja, dan ada juga yag dari bukan angkatan kerja. Orang yang termasuk ke dalam angkatan kerja adalah orang yang bekerja di usia kerja, atau yang sudah mempunyai pekerjaan, namun tidak sedang masa bekerja, hingga yang sedang mencari pekerjaan.

Sementara itu, jenis yang bukan dari pekerja adalah tenaga kerja, atau orang yang berusia masa kerja tapi tidak bekerja, sama sekali tidak memiliki pekerjaan, dan sama sekali tidak sedang mencari pekerjaan. Yang kemudian, angkatan kerja ii dibagi lagi menjadi dua subsector, yakni kelompok pekerja dan juga pengangguran. Yang dimaksud dengan pekerja ialah orang yang mempuyai pekerjaan, sedang beekrja, hingga orang yang bekerja namun sedang tidak bekerja. Sementara pengangguran adalah orang yang sama sekali tidak bekerja.

Sumber Ekonomi Utama Kabupaten Magetan

Nah, jika diperhatikan, masyarakat di Kabupaten Madiun sebagian besarnya bekerja di sector pertanian. Dan sector ini menjadi sector yang paling unggul dari tahun ke tahun. Hal ini karena memang, Kabupaten Magetan mempunyai bentangan alam yang luar biasa suburnya. Sehingga sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Maka, jika Anda merasa UMR masih belum bisa mencukupi kehidupan keluarga Anda, Anda bisa memanfaatkan sector pertanian ini sebagai pendongkrak ekonomi di rumah.

Demikian sekilas tentang UMR Kabupaten Magetan. Semoga bermanfaat.