Gaji Umr / umr jawa timur / UMR Kabupaten Nganjuk Lengkap dari Tahun 2021 sampai 2016

UMR Kabupaten Nganjuk Lengkap dari Tahun 2021 sampai 2016

Umr Nganjuk Tahun 2021 ini dinyatakan tidak naik. Hal ini sesuai dengan SK yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dari 37 kabupaten kota, hanya ada 11 kabupaten kota Jawa Timur yang tidak mengalami kenaikan UMR. Kenaikan angka UMR di Jawa Timur tahun ini juga beragam, mulai dari Rp. 25.000 sampai Rp. 100.000. Ke sebelas kabupaten kota yang UMR nya tidak naik adalah Jombang, Banyuwangi, Bondowoso, Sumenep, Madiun, Sampang, Jember, Tuban, Bangkalan, dan terakhir adalah Kabupaten Nganjuk.

Tentu, adanya kenaikan atau tidak terhadap sebuah kabupaten kota sudah mengalami berbagai tahap yang rumit. Dan ini adalah keputusan yang terbaik. Karena bagaimanapun, kenaikan UMR kabupaten kota pasti didasarkan pada beberapa faktor. Untuk itu, besaran UMR Kabupaten Nganjuk tahun ini adalah Rp. 1.954.705,75. UMR tersebut sama seperti UMR di beberapa kabupaten, seperti Bondowoso, Bangkalan, Sumenep, dan Madiun.

UMR Nganjuk Tahun 2021 hingga 2016

Berikut adalah besaran UMR Kabupaten Nganjuk sejak tahun 2016 hingga saat ini.

Umr Kabupaten Nganjuk 20211.954.705
Umr Kabupaten Nganjuk 20201.954.705,75
Umr Kabupaten Nganjuk 20191.801.406,09
Umr Kabupaten Nganjuk 20181.660.444,69
Umr Kabupaten Nganjuk 20171.527.407.50
Umr Kabupaten Nganjuk 20161.411.000
gaji umr nganjuk 2021 dan tahun sebelumnya

Anda bisa mengamati perkembangannya dari tahun ke tahun. Apakah setiap tahunnya ada kenaikan atau tidak, dan apakah kenaikan UMR nya cukup signifikan atau tidak.  Hal ini tentu bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan ketika berniat merantau ke Kabupaten Nganjuk.

Perkembangan Ekonomi Kabupaten Nganjuk

Kabupaten Nganjuk merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan sektor pertaniannya. Dan untuk saat ini sendiri, sektor ekonomi tersebut terus dikembangkan agar bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Nganjuk. Dimulai dari tahun 2003, bahwasanya petani di Kabupaten Nganjuk, tepatnya di Desa Bendosari yang bekerjasama dengan pihak perhutani melakukan usaha, dengan cara menanam tanaman porang.

Tujuan penanaman porang ini adalah untuk meningkatkan sumber pendapatan masyarakat, kemudian membuat dan membantu masyarakat agar peduli terhadap kondisi hutan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, hingga meningkatkan kondisi sosial masyarakat.

Karena ternyata, sebelum adanya penanaman porang ini, taraf pendidikan di Kabupaten Bondowoso terbilang rendah, karena mayoritas masyarakatnya hanya menempuh pendidikan di jenjang SD, kemudian dalam masalah kesehatan, masyarakat jauh lebih mengandalkan pengobatan tradisional berupa pijat, kondisi rumah yang apa adanya, hanya berdindingkan papan beratapkan genteng, dengan lantai yang hanya terbuat dari kayu, kondisi terakhir adalah pendapatan yang hanya Rp. 900.000 per musimnya.

Keberhasilan Upaya Peningkatan Gaji Umr Nganjuk

Namun, kondisi tersebut kemudian mulai membaik begitu sudah diadakannya penanaman porang ini. Sehingga dapat dilihat, bahwa tujuan dari penanaman porang berhasil. Taraf hidup masyarakat membaik, penghasilan meningkat, kesehatan sudah mulai memanfaatkan bidan dan puskesmas, pendapatan masyarakat yang awalnya hanya Rp. 900.000 permusim kemudian meningkat drastis menjadi Rp. 45.000.000 per tahun, dan ini bersih.

Selain itu, kondisi rumahnya juga membaik, rumah-rumah masyarakat sudah mulai terbuat dari beton, atapnya genteng yang berkualitas, bahkan lantainya juga sudah dikeramik. Dan yang paling kerennya adalah pendidikan masyarakat terus meningkat. Bahkan sudah ada yang mencapai bangku perguruan tinggi.

Hal inilah yang kemudian perlahan namun pasti membuat beberapa keadaan berubah, seperti keadaan sosial masyarakatnya sendiri.

Nah, jika Anda ingin merantau ke Kabupaten Nganjuk, tentu Anda bisa melakukan berbagai hal ya, terutama jika mempunyai ketertarikan di bidang pertanian. Apalagi mengingat peluangnya yang cukup besar. Sehingga sangat sayang jika tidak Anda manfaatkan dengan baik dan benar.

Untuk daerah terdekat dari Nganjuk cobalah merantau ke Kabupaten Bojonegoro. Kabupaten penghasil tembakau ini menjadikan Gaji Umr Bojonegoro yang lebih tinggi dari Nganjuk. Selain perhasil tembakau, sektor migas juga merupakan sumber pendapatan yang tinggi di kabupaten ini.

Itulah dia beberapa hal terkait Gaji Umr Kabupaten Nganjuk. Semoga bermanfaat.