Gaji Umr Kota Mojokerto 2020

Pada tahun 2019 lalu, tepatnya bulan November, Kota Mojokerto mengupayakan kenaikan upah minimum. Berita inipun tengah dinantikan banyak pihak dan mungkin Anda adalah salah satunya. Sehingga, di tahun 2020 ini UMR Mojokerto mengalami kenaikan.

UMR Mojokerto

Kenaikan UMR yang biasa terjadi di akhir tahun pastinya akan menjadi momen yang ditunggu oleh banyak kalangan. Upah untuk Kota Mojokerto sendiri masih di bawah Kota Surabaya yang merupakan pemilik ketetapan gaji tertinggi di Jawa Timur.

Adapun penetepan kenaikan tersebut di tahun 2019 lalu yang memerlukan penantian cukup panjang. Tepatnya di bulan November, dengan Gubernur Khofifah yang masih terus menggodok dalam menentukan UMP.

Nah, setelah menunggu keputusan UMP (upah minimum provinsi) pada tahun 2019 kemarin, yaitu sebesar Rp.1.768.777.00, akhirnya UMR Kota Mojokerto ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,5 persen. Yakni dari awal Rp.3.741.858.70 menjadi Rp 4.179.401,97.

Kenaikan upah yang bisa dibilang signifikan dan tinggi tersebut didasarkan pada pp 78/2015 oleh Dewan pengupahan. Jika dibandingkan dengan kota-kota lain, Mojokerto ini masih berada dijajaran dengan gaji rata-rata yang tinggi.

Pekerjaan serta Perusahaan di Kota Mojokerto

Kemudian, berikut ini adalah daftar beberapa pekerjaan maupun perusahaan yang memberikan gaji sesuai standar yang ditetapkan, meskipun ada beberapa pelaku usaha yang mematok upah di bawah rata-rata, yakni:

  1. PT Pertamina

Perusahaan ini termasuk salah satu yang menetapkan upah karyawannya cukup tinggi. Berdasarkan kulifikasi yang dibutuhkan serta pekerjaan yang dilakoni, maka tidak heran apabila pihak tersebut memberikan upah di atas UMR, yakni mulai dari 7 juta rupiah sampai 15 juta rupiah tiap bulan.

  1. Pembantu Rumah Tangga

Untuk pekerjaan ini sayangnya masih dianggap remeh dan diberikan gaji rata-rata di bawah standar, meskipun ada juga pihak yang memberikan secara pantas. Di Kota Mojokerto sendiri untuk pekerjaan ini upah rata-ratanya adalah antara 1,5 juta rupiah hingga 4 juta rupiah.

  1. Security

Pekerjaan yang satu ini tergantung masing-masing perusahaan dalam memberikan upah. Namun pada umumnya masih berada di standar, meskipun ada juga beberapa pihak yang ndableg. Gaji yang diberikan pun sekitar 3,5 juta rupiah sampai 4,5 juta rupiah.

  1. Staff Gudang atau Pabrik

Staff Gudang atau pabrik biasanya hanya membutuhkan pekerja dengan lulusan SMA atau SMK. Upah yang diberikan adalah rata-rata UMR di tahun 2019. Sebab, tahun 2020 telah mengalami kenaikan, yakni sekitar 3,5 juta rupiah hingga 4 juta rupiah.

  1. Sales

Pekerjaan yang satu ini memang memerlukan target. Biasanya terdapat bonus apabila memenuhi standar penjualan yang ditetapkan di luar gaji pokok. Setiap perusahaan memberikan upah yang berbeda, namun rata-rata di kota ini mulai dari 3,5 jutaan.

  1. Admin

Admin di sini tergantung perusahaan, sebab biasanya memiliki jobdesk yang sedikit berbeda. Namun intinya sama, yakni di bagian administrasi. Upah pun juga bervariasi karena tidak semuanya merupakan perusahaan besar, yakni mulai dari 2 juta rupiah di kota ini.

Itulah beberapa pekerjaan dan UMR yang berada di Kota Mojoketo beserta upah yang diberikan oleh masing perusahaan. Biasanya memang berbeda meskipun berada di posisi atau jabatan yang sama, sebab tergantung dari besar kecil suatu usaha juga kualifikasi yang dimiliki.

Namun, apabila UMR Mojokerto tersebut jauh di bawah standar dan tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan, maka Anda sebagai pekerja berhak untuk melakukan penuntutan tentunya dengan bukti-bukti yang akurat bukan mengada-ada dan dibuat-buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like