Gaji Umr Purwakarta Jawa Barat 2020

Kini masyarakat bisa berbahagia, bagaimana tidak kini pemerintah telah memenuhi tuntunan para buruh untuk menaikkan UMR Purwakarta tahun 2020 yang sudah mulai di berlakukan sejak awal tahun. Namun, beberapa harga ternyata juga ikut merangkak naik.

Kenaikan UMR Purwakarta 2020

Kabar terbaru, pemerintah Jawa Barat yang di wakili oleh Gubernur Ridwan Kamil telah mengesahkan perubahan besarnya nilai upah minimun regional Purwakarta tahun 2020  dan dituangkan dalam surat edaran nomor 56/175/Yanbangsos.

Tahun kemarin UMR Purwakarta sebesar Rp 3.722.299,94 kini telah mengalami kenaikan Rp 316, 767 atau sekitar 8,51 persen sehingga total upah minimun regional 2020 menjadi Rp 4.039.067,66 dan sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Januari.

Keputusan pemerintah untuk menaikkan upah minimum regional para buruh di kawasan Purwakarta bukan semata-mata terjadi begitu saja. Melainkan banyak faktor yang menjadi pemicu tuntutan tersebut akhirnya harus dipenuhi.

Faktor Kenaikan UMR Purwakarta 2020

Seperti disinggung sebelumnya pemerintah memutuskan untuk menyetujui kenaikan upah minimum regional Purwakarta tidak terjadi begitu saja, namun mempertimbangkan banyak hal yang menjadi pendorong tuntutan para buruh tersebut harus dipenuhi.

Sebenarnya dalam menentukan besarnya nilai kenaikan upah minimum telah melalui serangkaian proses panjang. Sebelum di tetapkan, pemerintah sebelumnya telah melakukan survey terhadap beberapa komponen.

Permasalah mengenai tuntutan para buruh agar upah minimun terus mengalami kenaikan bukan sesuatu yang baru. Hal tersebut dianggap wajar karena harga kebutuhan pokok yang harus dipenuhi terus mengalami peningkatan.

Tingginya upah minimum regional kabupaten Purwakarta dinilai wajar, meskipun menimbulkan gejolak bagi para pengusaha. Menurut serikat pekerja seharusnya kondisi tersebut tidak dijadikan alasan pihak perusahaan untuk melakukan relokasi ke daerah lain.

  1. Faktor Pertama

Di sisi lain tingginya kenaikan upah minimun regional di kabupaten Purwakarta dipengaruhi banyak faktor. Pertama, mengingat daerah tersebut merupakan kawasan industri ring 1 berskala besar. Dimana di dalamnya banyak terdapat perusahaan baik BUMN maupun swasta.

Sehingga daerah kabupaten Purwakarta memiliki nilai dan daya tarik tersendiri bagi para investor yang berkeinginan untuk membangun sebuah usaha di kawasan tersebut. Kondisi tersebut secara tidak langsung membuka peluang besar tersedianya lapangan kerja disana.

  1. Faktor Lainnya

Hal yang mempengaruhi tingginya kenaikan UMR tersebut yakni fasilitas di daerah kabupaten Purwakarta terbilang cukup lengkap. Sama seperti sebelumnya hal ini menjadi nilai lebih yang banyak menarik calon investor untuk membuka usahanya di sana.

Faktor ketiga, infrastruktur dan akses jalan di daerah tersebut bagus jika dibandingkan kawasan industri lainnya yang sudah jelek dan rusak seperti karawang dan sekitarnya. Hal ini juga cukup menjadi pertimbangan penting, karena mobilitas akan semakin mudah.

Faktor keempat, letak kabupaten Purwakarta terbilang cukup strategis karena lokasinya tidak jauh dari ibu kota Jakarta. Tentunya hal tersebut menjadi pendorong untuk menarik para investor yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Prinsip Naiknya UMR Purwakarta

Semua faktor diatas memang tidak secara langsung berperan mempengaruhi kenaikan upah minimum regional yang tinggi. Namun, beberapa hal tersebut menjadi nilai lebih dari kabupaten Purwakarta sehingga menarik para investor.

Pada prinsipnya semakin banyak investor yang membuka usahanya di kawasan kabupaten Purwakarta, maka lapangan kerja akan semakin terbuka lebar. Sehingga kegiatan ekonomi disana cukup tinggi termasuk juga biaya hidup.

Padahal tingginya biaya hidup di kabupaten Purwakarta menjadi salah satu komponen penting yang menjadi bahan pertimbangan pemerintah dalam menentukan besaran kenaikan upah minimum regional agar kesejahteraan masyarakat bisa terpenuhi.

Demikian ulasan mengenai kenaikan UMR Purwakarta lengkap dengan penjelasan mengenai faktor apa saja yang ikut berpengaruh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi dalam mencari solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like