Gaji Umr Gresik 2020

logo kabupaten gresik
logo kab gresik

Tahukah Anda kalau saat ini UMR Gresik tahun 2020 mengalami kenaikan? Tentunya hal itu menjadi berita segar terutama bagi para pekerja. Bagaimana tidak, kondisi tersebut secara langsung juga berdampak signifikan terhadap besarnya pendapatan karyawan.

Kenaikan UMR Gresik Tahun 2020

Kenaikan Upah Minimum Regional setiap tahunnya sudah menjadi sebuah tuntutan para pekerja yang harus dipenuhi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena mengingat harga kebutuhan pokok di pasar semakin mahal.

Rencana kenaikan UMR untuk ke 38 kabupaten termasuk juga Gresik sudah di setujui oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tepatnya pada tanggal 20 November 2019 dan tertuang dalam keputusan resmi dengan nomor 188/568/KPTS/013/2019.

Pada tahun 2020 pemerintah telah menetapkan UMR Gresik yakni Rp.4.197.030.51 yang mengalami kenaikan sebesar Rp.329.156.11 atau sekitar 8,51 persen dari Upah Minimum Regional sebelumnya Rp.3.867.874.40. Kabupaten Gresik yang merupakan Ring Road Industri di Jawa Timur hanya selisih 3 ribu rupiah saja dari Kota Surabaya. Diharapkan, langkah ini menaikan taraf hidup masyarakat di sana.

logo kab gresik

Dampak Kenaikan UMR Bagi Para Pengusaha

Kenaikan UMR yang mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2020 menjadi kabar yang menyegarkan untuk para pekerja. Karena hal tersebut pastinya berpengaruh terhadap semakin tingginya penghasilan mereka.

Namun sebaliknya, keputusan pemerintah untuk menaikkan UMR tahun 2020 menjadi kabar kurang menyenangkan bagi para pengusaha utamanya yang memiliki usaha di Kabupaten Gresik. Kondisi tersebut membuat kondisi perusahaan menjadi kurang stabil.

  1. Perusahaan Melakukan Relokasi

Bahkan akibat kenaikan UMR yang mencapai 8,51 tersebut mengancam banyak perusahaan di Gresik harus melakukan relokasi bahkan tidak menutup kemungkinan akan mengalami gulung tikar, apabila di paksa menyesuaikan keputusan pemerintah tersebut.

Keputusan relokasi ini banyak dilakukan para pengusaha, yakni dengan cara memindahkan lokasi perusahaan dari daerah industri 1 ke ring 2 atau 3 bahkan sampai di luar wilayah Jawa Timur yang UMR-nya masih rendah.

  1. Banyak PHK

Tidak hanya berhenti di situ, keputusan perusahaan untuk melakukan relokasi ini akhirnya berdampak terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Secara otomatis angka pengangguran semakin meningkat.

Selain itu, dampak kenaikan UMR ini juga sangat di rasakan para pengusaha kecil menengah. Karena kondisi tersebut berpengaruh terhadap iklim investasi, banyak investor asing yang akhirnya mengancam untuk memindahkan usahanya ke negara lain.

Selain dirasakan para pengusaha, kenaikan UMR kabupaten Gresik juga berdampak terhadap kondisi keuangan Negara. Mengingat di daerah tersebut banyak perusahaan berskala besar yang biasa mengekspor hasil produksinya kini harus berhenti.

  1. Peruhaan Terancam Gulung Tikar

Banyak perusahaan di Gresik yang terancam gulung tikar jika dipaksa untuk memenuhi UMR, karena kondisi tersebut juga mengakibatkan biaya produksi meningkat dan semakin mahal. Sehingga terpaksa harga barang tersebut harus dinaikkan.

Kenaikan harga barang produksi semakin mahal akhirnya menjadi faktor pemicu yang mendorong laju inflansi cukup tinggi. Jika kondisi sudah seperti itu, daerah tersebut sudah tidak memiliki daya tarik agar  dilirik lagi oleh para investor.

Sampai saat ini masalah penentuan besarnya UMR masih dalam perdebatan banyak pihak terutama organisasi perusahaan. Sehingga perlu dikaji lebih mendalam dengan mempertimbangkan beberapa hal untuk mencari solusi paling tepat.

Dalam hal ini pemerintah memegang peranan sangat penting untuk mengatasi kondisi kenaikan upah buruh. Mengingat masalah tersebut kerap kali muncul bahkan menjadi langganan setiap tahunnya, agar pertumbuhan ekonomi negara tidak terganggu.

Demikianlah informasi seputar kenaikan UMR Gresik tahun 2020 yang sudah mulai berlaku, lengkap dengan dampak yang dirasakan oleh para pengusaha yang terancam melakukan relokasi bahkan mengalami gulung tikar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like